Berita

SMK BUDI UTOMO KERTOSONO GELAR UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

Kudu-.SMK Budi Utomo Kertosono, langsungkan upacara penuh hidmat dan semangat kepemudaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022, Jumat 28 Oktober 2022.

 

Berdasarkan himbauan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), bahwa seluruh instansi untuk memasang atribut atau logo di perkantoran dan tempat-tempat strategis lainnya dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam kegiatan ini Kepala SMK Budi Utomo Kertosono, Drs. H. Didik Suprapto, M.Pd juga memberikan hadiah apresiasi secara simbolis kepada siswa berprestasi, M. Thoyib Salman Siswa Kelas XI TKR yang memperoleh mendali Emas Kelas H Dewasa Putra dalam acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 yang digelar oleh Kodim 0810/Nganjuk, Senin (15-17/10/2022) di Gedung Juang 45, Jalan Dr Sutomo Nomor 60, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

M. Thoyib Salman Siswa Kelas XI TKR mendapat hadiah apresiasi dari Kepala Sekolah.

Sumpah Pemuda tidak lepas dari keberadaan organisasi Budi Utomo sebagai pemicu munculnya berbagai organisasi Pemuda yang bersifat kedaerahan. Kemunculan berbagai organisasi dari berbagai daerah tersebut yang berusaha menyatukan pemikiran dan gagasan pemuda untuk untuk mempunyai tujuan yaitu Indonesia Merdeka.

Budi Utomo Kertosono, langsungkan upacara penuh hidmat dan semangat kepemudaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022, Jumat 28 Oktober 2022.
SMK Budi Utomo Kertosono, langsungkan upacara penuh hidmat dan semangat kepemudaan.

Perlu kita ketahui, bahwa Sumpah Pemuda yang melibatkan para pelajar dari seluruh daerah dikumpulkan menjadi satu yaitu Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), kala itu melalui Kongres Pemuda yang dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda, yaitu rapat pertama diadakan, Gedung Katholieke Jongenlingen Bond pada tanggal 27 Oktober 1928. Rapat ke dua di Gedung Oost-Java Bioscoop pada tanggal 28 Oktober 1928, sedangkan rapat ke tiga berlokasi di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat yang menghasilkan tiga poin penting yaitu;

Pertama, Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah Indonesia.

Ke duaKami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia.

Ke tigaKami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjung bahasa persatoean, Bahasa Indonesia. (Markom-22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *