Berita

GUKAR JADI PETUGAS UPACARA MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL

Kertosono-. Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI), yaitu setiap 25 November. Bertepatan di hari Jumat, 25 November 2022 ini SMK Budi Utomo Kertosono tidak ketinggalan untuk turut serta memeriahkan HGN dengan upacara bendera di Lapangan yang biasa dilakukan upacara bendera setiap hari Senin.

            Tema Peringatan Hari Guru Nasional adalah ”Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka belajar.”

            Guru Karyawan SMK Budi Utomo  yang setiap hari Senin ketika upacara bendera biasanya jadi peserta, namun kali ini Guru karyawan jadi petugas dalam pelaksanaan upacara. Walau tidak sesering peserta didik, upacara di HGN yang bertepatan dengan hari Jumat, 25 November 2022 kali ini sungguh sangat khitmat. 

            Hari Guru Nasional bertujuan mengapresiasi peran dan jasa guru. Sebab, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mencerdaskan anak bangsa. Jasa guru akan tetap membekas hingga bahkan tidak ada istilah mantan guru di dunia ini. Seperti yang telah disampaikan oleh Didik Suprapto sebagai kepala SMK Budi Utomo Kertosono.

            Lebih lanjut Pembina upacara di HGN menuturkan Semboyan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarsa sung Tuladho, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani.”  Guru memberikan contoh pada peserta didik, jika di tengah bersama- sama dengan peserta didik  membangun kehendak, dan jika di belakang guru bisa mendorong peserta didiknya.

            Tugas guru mengajar, mendidik, membina, dan memberi motivasi pada seluruh peserta didiknya. Mengajar adalah profesi terbaik yang bisa dimiliki siapa pun. Sebagai buru harus merasa beruntung. Sebab dengan mengajar, guru punya andil untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa dalam membangun Negara tecinta Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional 2022. (ags) 

3 thoughts on “GUKAR JADI PETUGAS UPACARA MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *