Berita

MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH

A. Mengapa Kurikulum Perlu Diubah ?

Ada beberapa alasan sehingga kurikulum perlu diubah antara lain:

  1. Tantangan zaman yang dihadapi oleh peserta didik sekarang berbeda dengan tantangan pada zaman sebelumnya
  2. Kurikulum harus diadaptasi sesuai dengan perkembangan zaman yang dihadapi oleh peserta didik saat ini.
  3. Peserta didik merupakan generasi masa depan bangsa yang akan mengukir zaman sesuai dengan potensinya.’
  4. Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan zamannya, dan terus dikembangakan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karaktersistik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan

B. Lantas Apa Itu Kurikulum ?

  1. Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
    Pendidikan tertentu.
  2. Kurikulum merdeka merupakan panduan dalam kegiatan pembelajaran yang didasarkan pada faktor kebutuhan belajar peserta didik, dengan tujuan untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi.
  3. Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.

Komponen Kurikulum menurut Ralph Tyler :

  1. Tujuan
  2. Konten
  3. Metode/cara
  4. Evaluasi

C. Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

  1. Sistem Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter peserta didik sesuai profil pelajar Pancasila.
  2. Fokus pada materi esensial sehingga peserta didik memiliki waktu yang banyak untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  3. Guru lebih leluasa untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

 

D. Keunggulan Kurikulum Merdeka

  1. Materi Pembelajaran lebih sederhana dan fokus pada materi esensial, sehingga peserta didik dapat belajar lebih mendalam tanpa harus takut dikejar waktu dan bebas memilih sumber ajar yang lebih variatif.
  2. Guru memiliki kebebasan untuk mengajar sesuai tahap dan perkembangan peserta didik . Selain itu sekolah juga memiliki wewenang untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.
  3. Sistem pembelajaran menjadi lebih interaktif melalui kegiatan project, bertujuan agar peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat mengeksplor isu-isu yang terjadi.

 

E. Lima Prinsip Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka

  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar.
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
  4. Pembelajaran dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra.
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.

F. Tipe Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka

  1. Pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan secara terdiferensiasi sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
  2. Pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, berprinsip pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
  3. Pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat peserta didik dan sumber daya satuan pendidik.

G. Bagaimana untuk mewujudkannya?

  1. Pembelajaran intrakurikuler yang dilakukan secara terdiferensiasi sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
  2. Pembelajaran kokurikuler berupa projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, berprinsip pembelajaran interdisipliner yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi umum.
  3. Pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan minat peserta didik dan sumber daya satuan pendidik.

AKSI NYATA MENYEBARKAN PEMAHAMAN: “MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH

Oleh:

Ari Prasetyo, S.Pd

Guru Matematika /

Waka Kurikulum SMK Budi Utomo Kertosono

5 thoughts on “MENGAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH

  1. Sebagai guru memang kita harus bisa dinamis, fleksibel dan beradaptasi dengan perkembangan zaman,
    Alhamdulillah jazakallahu khoiro,
    Terimakasih bapak Ari atas artikelnya yang sangat informatif
    Semangat bapak ibu guru semua..

    1. Mari bersama-sama berbagi informasi informasi baik mengenai kurikulum merdeka, semangat bagi bapak ibu guru semua, semangat bertumbuh
      Merdeka belajar merdeka mengajar
      Terimakasih pak Ari..

  2. Semoga Kurikulum Merdeka membawa dampak baik untuk semua guru dan siswa di SMK Budi Utomo Kertosono dan seluruh guru dan siswa Indonesia
    Terimakasih pak Ari atas wawasan tentang kurikulum merdeka, semangat semuanya..

  3. Kita sudah tahun ke dua pelaksanaan IKM di SMK Budi Utomo Kertosono, semoga bisa mengevaluasi diri dan semakin meningkatkan prestasi sekolah
    Terimakasih pak Ari,
    Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar

  4. Artikel yang luar biasa dan sangat memberi pandangan pada kami bahwa kurikulum bersifat dinamis dan menyesuaikan perkembangan zaman
    Semoga bermanfaat untuk seluruh guru dan siswa di Indonesia..
    Semangat
    Mari meningkatkan pelaksanaan IKM di SMK Budi Utomo Kertosono semakin baik lagi
    Merdek Belajar
    Merdeka Mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *